Prinsip Kerja Email

e-mail tentunya sudah sangat tidak asing bagi semua orang, tiap yang punya account facebook pasti punya e-mail. e-mail atau surat elektronik (surel) merupak metode untuk mengirimkan email dalam bentuk digital biasanya menggunaka media internet.

sekarang yang ingin coba saya tuliskan (sebelum lupa) yaitu tentang cara kerja protokol-protokol email. jika kita mengirim sebuah email dari satu alamat email ke alamat email lain digunakan software MTA (Mail Transfer Agent) menggunakan sebuah protokol yaitu SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). protokol SMTP menjadi aturan dasar yang disepakati untuk pengiriman email. sehingga software email server pasti mendukung protokol ini.

SMTP merupakan protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antar email server, bukan email server dengan client. jadi misal antara email yahoo dengan gmail dan ke server email lain. untuk berkomunikasi antara server dengan client digunakan protokol lain yaitu IMAP, POP3, IMAPS, POP3S.

IMAP(Internet Message Access Protocol) berfungsi sebagai protokol yang memungkinkan email dapat diakses oleh client, begitu juga dengan POP3 (Post Office Protocol versi 3), hanya saja beda cara pengaksesanya.

SMTP merupakan protokol standart pengiriman email di internet berbasis text. protokol ini menyebutkan penerima lalu melakukan verifikasi, jika benar maka email akan segera dikirim. protokol ini menggunakan port 25. karena protokol ini hanya berbasis text ASCII  maka tidak akan sempurna mengirimkan pesan seperti image, suara, movie dan program. oleh karena itu digunakan standar MIME. SMTP hanya dapat mengambil email dari client tapi bisa melayani pengambilan email oleh client, atau lebih akrab SMTP hanya dapat melakukan push, tak bisa melakukan pull.

Ada banyak varian software SMTP, yang paling terkenal diantaranya adalah POSTFIX, Ms. Exchange Server, Qmail. produk tersebut merupakan produk paling banyak digunakan.

Jika tadi kita membahas mengenai SMTP yang hanya bisa melakukan ‘push’, sekarang akan kita bahas protokol yang berfungsi melakukan pull, yang pertama POP3. POP3 merupakan protokol yang berfungsi agar email dapat diambil oleh client. ada dua mode yang digunakan oleh pop3 yaitu mode inline dan offline. pada mode offline POP3 mengambil kemudian menghapus email yang tersimpan dari server dan bersifat ‘store and forward‘.┬áSedangkan POP3 pada mode inline , POP3 akan mengambil mail server tanpa menghapus mail yang sudah diambil tersebut.

IMAP mempunyai fungsi yang sama dengan POP3 namun ada beberapa keunggulan diantaranya dapat membuat folder di server, mengambil email, mencari email dan menghapus email tertentu.

That’s All. CMIIW!

Faisal Sani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge