Oracle 10g XE on Linux ubuntu

artikel ini ditulis karena matakuliah Basis Data Lanjut yang menggunakan ORACLE sebagai databasenya, dalam tulisan ini akan dibahas mengenai cara instalasi oracle 10g express edition di linux ubuntu 10.04.1 (lucid lynx).

database oracle membutuhkan sumber daya komputer yang besar yaitu minimal :

  • Ram 512MB
  • SWAP 1024MB
  • disk space 1,5 GB

karena spesifikasi tersebut terpaksa meresize partisi karena swap saya sebelumnya hanya 512MB 😀 . baik, lanjut langkah yang pertama yaitu siapkan oraclenya, anda bisa download di http://www.oracle.com/technetwork/database/express-edition/downloads/102xelinsoft-102048.html silakan pilih versi sesuai komputer anda, saya pilih .deb karena saya pake ubuntu 10.04 :D. setelah download sekitar 200MB langsung saja kita buka dengan Gdebi package manager (tinggal dobel klik saja). instalasi akan membutuhkan sebuah file library “libaio1”, jika anda terkoneksi dengan internet akan langsung mendownload file tersebut dan instalasi akan berjalan lancar.

berbeda dengan di  microsoft Windows yang konfigurasinya menggunakan GUI berupa wizard, di linux ubuntu ini harus menggunakan terminal untuk mengkonfigurasinya, seperti konfigurasi username dan password SYSTEM dan menentukan port yang digunakan. gunakan perintah
/etc/init.d/oracle-xe configure

(sebagai root), masukkan password untuk system dan atur portnya

konfigurasi password oracle
konfigurasi oracle, password, port di linux

setelah itu anda baru dapat menggunakan ORACLE 10g di ubuntu anda :) , jika anda belum atur konfigurasinya biasanya akan muncul pesan kesalahan ORA-27101: shared memory realm does not exist in ubuntu.
anda dapat menjalankan oracle di Applications > Oracle Database 10g Express Edition (GNOME)
selamat mencoba

ref: https://help.ubuntu.com/community/Oracle10g

CMIIW

faisal sani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge