Membuat live usb berbagai distro

buat yang pengen nyobain linux dari bentuk iso tapi ga mau kehilangan duit buat beli cd blank ada solusinya niy… yaitu menggunakan live usb, emang sih tulisan ini basi, tapi tak apalah karena gue juga baru tau. yang pertama siapin dulu flash disk yang mau digunain buat live usb, kalo bisa yang kosong flash disknya..

trus yang kedua siapin softwarenya, software yang saya gunakan kali ini adalah uNetBootIn dan startup disc creator bawaan dari ubuntu. cara yang pertama yaitu pake “startup disc creator“, startup disc creator ini merupakan software bawaan dari ubuntu (jika kita uda make ubuntu :) ). bisa dijumpai di System > Administration > Startup disc creator. kemudian pilih source iso yang akan digunakan (iso yang digunakan harus iso ubuntu, distro selain ubuntu tidak bisa dibuat dengan startup disc creator ini). kemudian pilih disc to use, pilih flash disk mana yang akan kita gunakan (jangan lupa tancepin dulu flashdisknya :) ). nah udah deh, tinggal kita klik make startup disk.

yang kedua kita pake software UNetBootIn, bisa kita donlot di http://unetbootin.sourceforge.net/ tersedia untuk windows ataupun linux, ato jika kita pake ubuntu tinggal apt-get install aja/cari di synaptic. keuntungan dari software ini adalah kita bisa membuat live usb untuk berbagai distro, ga cuma ubuntu doang, jadi kita bisa buat dari ISO distro opensuse, freebsd, dll. untuk cara penggunaannya gampang kok, setelah terinstall kita jalankan programnya GUI, mudah kok, tinggal pilih distro yang akan kita buat, kemudian pilih ISO yang akan kita buat, udah deh…

ok, thanks. semoga bermanfaat.

Ahmad Faisal Sani

4 thoughts on “Membuat live usb berbagai distro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge