mbah marijan dan merapinya

tragis sekali meninggalnya mbah marijan si juru kunci merapi dan para pengikutnya setelah disergap awan panas merapi. cuma pengen menyampaikan pendapat pribadi sih tentang kejadian itu. ternyata masyarakat indonesia ini masih jahiliyah. mbah marijan bersikeras tak mau mengungsi karena ia yakin awan panas tak akan menyerang desanya, padahal kraton jogjakarta menyuruh mbah marijan untuk mematuhi perintah BVMKG agar mengungsi. tapi tetap saja tak mau mengungsi dan membiarkan pengikutnya untuk mengikuti mbah marijan, mungkin karena mereka merasa sangat “roso” hingga gunung merapi pun ia lawan.

sebagai panutan warga didesanya seharusnya mbah marijan memberikan contoh untuk warganya agar ia mau mengungsi, sebagai juru kunci merapi dari keraton pun sudah menyuruh mbah marijan turun mengungsi, sehingga tidak banyak makan korban sia-sia. tapi seperti itu saja mbah marijan masih dipuji setinggi langit… karena setia lah, dan pujian lain .. konyol sekali…

ya semoga kejadian itu membuka mata para warga sekitar merapi agar dilain waktu mereka patuh terhadap peringatan BVMKG.

8 thoughts on “mbah marijan dan merapinya

  1. bentar gan, kayaknya gak pantes kalau merapi “nya”-nya disandingkan sama almarhum mbah maridjan

    bukannya menertawakan lho, tapi musibah ini jadi bukti shahih kalau merapi yang meletus tanpa lihat ada mbah maridjan atau tidak. sebelumnya mbah maridjan kan gak mau turun ketika merapi mau meletus pada kesempatan sebelumnya (tapi gak jadi). kali ini merapi benar-benar mau meletus tapi beliau keukeuh tidak mau turun, ya keserempet “wedhus gembel” pun sudah marem wong panasnya 300 derajat. beliau teguh tapi waktunya sama sekali tidak tepat. menjaga nyawa tetap dikandung badan sebaik-baiknya kan juga amanat kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge