Linux bukan agama!

hehehe, judul yang aneh… iya memang, itu yang saya tangkap dari buku karangan S’to yang berjudul fedora 8 from zero to hero. disitu ada tulisan pembuka mengenai fanatisme linux, ehem… intinya yang saya dapat dari tulisan tersebut yaitu linux bukan agama, di agung-agungkan, di bela mati-matian, ga boleh ada yang ngejek, jika ada yang bilang jelek dikit langsung diserang abis-abisan. wow… kaget saya baca tulisan tersebut, bener juga saya pikir…

tadi siang ga sengaja liat majalah chip edisi 11/2010, ada opini S’to mengenai radikalisme software, intinya mengenai fanatisme yang berlebihan mengenai linux / opensource. baca ndiri aja deh majalahnya 😀 . bagaimana pendapat anda?

hmmm…. kalo tadi opini orang… kini opini saya yang saya paparkan… (pendapat kan boleh… ga ada yang ngalarang, soal suka g suka terserah anda, saling menghormati pendapat orang aja 😀 ) :

linux memang sistem operasi dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, tapi yang membuat beda adalah lisensinya. jika kita menggunakan software berpemilik (propietary) tapi ga legal ya sama aja maling. mending perangkat lunak bebas, kita bisa bebas ngrubah (kalo bisa :D), mempelajari (kalo bisa juga :D) dan berbagai macam kebebasan yang tertuang dalam “free software” nya richard stallman. itu tadi semua tergantung pemakainya peduli kagak sama yang begituan 😀 , tapi orang awam sama orang kuno saya kira ga peduli dengan masalah “kebebasan” itu, yang mereka tau tinggal make, gratis, ga peduli asli/bajakan, legal/illegal. freeware tidak sama dengan “free software” dan “open source”.

di undang-undang negara kita sendiri melarang penggunaan software ilegal hanya untuk keperluan bisnis, jadi untuk keperluan pribadi ga masalah.

terserah anda mau pake linux atau tidak, itu pilihan anda. saya memlih pake linux, saya mencintai linux dengan segala kekurangan dan kelebihanya. jika tidak mau pake linux jangan menjelek-jelekan pemakai linux, yang pake linux jangan menjelek-jelekan yang bukan pemakai linux. itu adalah pilihan.

that’s all.

wassalamualaikum wr. wb.

buy & download Revolution Os books

5 thoughts on “Linux bukan agama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge